BMH JAWA TIMUR

LAZNAS - NGO Pengelola Zakat, Infaq, Shodaqoh, Dana Kemanusiaan dan Wakaf

BMH Rintis Pesantren Gratis di Kabupaten Lahat

BMH Rintis Pesantren Gratis di Kabupaten Lahat
BMH Rintis Pesantren Gratis di Kabupaten Lahat. Mendapatkan pendidikan gratis dengan nuansa Islami bagi sebagian besar masyarakat di Kabupaten lahat, Sumatera Selatan mungkin hanya menjadi mimpi semata. Terlebih bagi masyarakat yang berada di Desa Bintuhan kecamatan Kota Agung.


“Masyarakat sudah lama mengimpikan hadirnya lembaga pendidikan berbasis pesantren di daerahnya, apalagi di Kecamatan Kota Agung tidak ada satupun pesantren gratis yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk menuntut ilmu oleh masyarakat luas, alhamdulillah keinginan masyarakat Allah kabulkan setelah BMH menerima tanah wakaf seluas dua hektar untuk dibangun pesantren,” kata Muhammad Kosim, Kepala Cabang BMH Palembang pada kamis (13/03) waktu lalu.

Kosim menambahkan, pesantren yang dirintis oleh Baitul Maal Hidayatullah saat ini masih memiliki dua rumah papan dan satu gubuk kecil yang difungsikan sebagai tempat ibadah sementara pinjaman dari warga sekitar untuk rumah sementara tiga da’i yang bertugas di tempat itu.

Untuk menghidupi pesantren, selain mengajak masyarakat luas baik personal maupun instansi untuk berpartisipasi dalam hal pengembangannya, para asatidz yang dibantu dengan santri yang menetap maupun yang masih ‘santri kalong’ (pulang pergi) dengan beternak kambing. Alhamdulillah sudah ada satu kandang kambing dan beberapa ekor saja yang sudah kita rawat untuk penggemukan. “Jika ada yang membantu dengan senang hati kami menerimnya,” jelas Kosim.

Di tempat berbeda, pengasuh perintisan Pesantren Hidayatullah Kabupaten Lahat Ustadz Budiman menyampaikan, bersama dengan BMH kegiatan saya dan para asatidz di tempat ini adalah berdakwah ke daerah-daerah pelosok, mengajar anak-anak warga membaca dan menulis Al-Qur’an, membina majlis-majlis taklim dan mencari dana ke beberapa instansi dan masyarakat untuk pengembangan pembangunan pesantren.

Renovasi Masjid

Tidak hanya mengembangan dakwah berbasis pesantren di Kabupaten Lahat, BMH bersama para santri dan ustadz-ustadzah juga melakukan renovasi musholla di kompleks pesantren putri Hidayatullah selama beberapa bulan terakhir.

Musholla yang berlokasi di Kecamatan Rambutan Kota Palembang dengan ukuran 10×10 meter ini sudah dapat difungsikan berbagai kegiatan keagamaan lainnya seperti sholat berjamaah khusus putri, belajar bersama hingga sebagai tempat untuk melepas lelah para santri pasca beraktivitas.

“Progres pembangunan hingga bulan Maret ini sudah sampai pada penambahan teras sepanjang 2 meter dari ruang utama musholla. Selanjutnya pembangunan pilar-pilar untuk teras. dengan demikian ukuran masjid betambah 2 meter sehingga santri lebih nyaman beribadah,” tutur Kosim.

Anda yang ingin berpartisipasi dalam pembangunan pesantren di Lahat, dapat menghubungi BMH Palembang di Jl. D.I. Panjaitan No. 06 RT 01/1 Sentosa, Seberang Ulu II, Telp. 0711-8033317, atau 0852 4729 2163 (M. Kosim). ** (Tsauri)

0 komentar:

Posting Komentar